10 Januari 2012

Mengunjungi Restoran Kuburan di India

Di India kematian adalah bagian dari kehidupan dan disebuah restoran di Barat India, kuburan berada di tengah-tengah restoran tersebut. Restoran yang berada di Ahmadabad tersebut terkenal dengan teh susunya, mentega rollnya serta kuburan yang berada diantara meja-mejanya.



Krishan Kutti Nair telah membantu pengelolaan restoran yang dibangun diatas kuburan muslim kuno itu selama empat dekade namun dia tidak mengetahui siapa yang dikubur di lantai restoran tersebut. Anehnya para pengunjung menyukai kuburan tersebut yang dibuat dari semen dan nampak bersih.

Menurut Nair si pengelola restoran, kuburan tersebut merupakan pertanda baik untuk restoran mereka. Menurutnya bisnis resto mereka cukup baik dikarenakan keberadaan makam tersebut. Makam ini dicat hijau dan tingginya kira-kira beberapa meter dari lantai restoran.



Setiap hari manager restoran tersebut mendekorasi makam tersebut dengan bunga-bunga kering yang ditaburkan diberbagai penjuru ruangan. Makam-makam tersebut ada beberapa terletak dekat meja kasir sementara itu tiga buah makam di tengah restoran dan empat lainnya di dekat dinding dapur.

Para pelayan telah mengetahui site plan dari resto tersebut dengan sangat baik sehingga mereka tak perlu takut menginjak kuburan sambil membawa nampan berisi minuman panas. Seorang pelayan bernama Kayyum Sheikh mengatakan bahwa ia telah terbiasa dengan hal tersebut. Menurutnya tidak ada yang aneh dengan kuburan-kuburan tersebut.

Dikatakan bahwa kuburan tersebut milik keluarga yang hidup di abad ke 16. Restoran tersebut mulai ada di tahun 1950 an sebelum kemacetan dan gedung-gedung tinggi ada di wilayah tersebut. Awalnya dimulai saat KH Mohammed membuka sebuah kedai teh di luar area kuburan. Akhirnya bisnis tersebut berkembang dengan baik dan Nair menjadi partner Mohammed. Akhirnya kedai tersebut bertambah luas dan melingkari area pekuburan.

Di India, area kuburan bukanlah sesuatu yang menakutkan, bahkan mereka menganggap kuburan sebagai tempat untuk mengistirahatkan pikiran. Banyak pengunjung restoran yang tak keberatan duduk disamping kuburan dan menikmati hidangan. Kuburan menurut mereka area suci yang membawa keberuntungan.

sumber 

2 komentar:

Related Posts with Thumbnails