16 Januari 2012

Lalat Berbokong Emas Ini Bernama Beyonce



Siapa tidak kenal Beyonce Knowles, diva musik pop yang mencatat hit single "Bootylicious" pada 2001 silam? Para peneliti di Australia pun memilih untuk menyebut seekor spesies lalat berbokong emas dengan nama beyonceae.

Lalat kuda (horse fly) dengan bokong besar berhias warna emas itu memiliki nama lengkap Scaptia (Plinthina) beyonceae. Spesies ini ditemukan pada 1981, sama dengan tahun kelahiran Beyonce. Demikian diwartakan Yahoo! News, Minggu (15/1/2012).

"Rambut lebat berwarna emas pada abdomen lalat itulah yang mengarahkan saya dalam memilih nama tersebut, sekaligus sebagai penghormatan atas penampilan Beyonce dan menunjukkan sisi gembira taksonomi (penamaan spesies)," terang Bryan Lessard, peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO).

Spesies lalat yang baru saja memperoleh namanya tersebut punya peran penting dalam ekologi. Menurut Lessard, pada siang hari lalat kuda bertindak serupa burung kolibri. Serangga ini meminum nektar dari varietas greveilla, pohon teh, dan ekaliptus.

Namun tampaknya, diva pop itu belum sempat menjawab kabar tentang penamaan ini,karena sedang disibukkan oleh kelahiran bayinya.

Dalam cara tradisional, biasanya nama ilmuwan yang terlibat dalam penemuanlah yang diberikan pada temuannya. Namun Beyonce bukan selebriti pertama yang memperoleh kesempatan tersebut. Sebelumnya, beberapa selebriti lain juga penah memperoleh kehormatan serupa, misalnya Harrison Ford, Matt Groening (pencipta The Simpsons), Mick Jagger, dan Roy orbinson.





sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails