7 Januari 2011

Ambulance Terpanjang Dan Tercanggih di Dunia

Dubai, negara kosmopolitan di jazirah Arab, sudah memiliki gedung tertinggi, apartemen tertinggi dan aquarium terbesar di seluruh dunia. Kali ini, Dubai lagi-lagi bikin sensasi dengan memiliki ambulan terpanjang di dunia.


Kepala Dubai Ambulance Center (DAC), Khalifa bin Darri, panjang ambulan itu sekitar 18 meter dan bisa membawa 44 pasien sekaligus. Ambulan terpanjang itu, dilengkapi dengan tempat pendaratan helikopter di bagian atapnya termasuk fasilitas satelit dan internet untuk para dokter yang bertugas.

Selain itu, terdapat ruang-ruang operasi, ruang perawatan intensif (ICU), ruang radiografi dan apotik yang saling terintegrasi. Pendek kata, ambulan terpanjang itu sudah mirip rumah sakit berjalan. "Ambulan ini akan menjadi rumah sakit berjalan yang akan dikerahkan jika terjadi kecelakaan dan operasi penyelamatan dengan jumlah korban yang banyak, sehingga para korban bisa langsung mendapatkan perawatan sebelum dipindahkan ke rumah sakit," papar Darri.
Ambulan yang didisain oleh orang Dubai sendiri itu, diharapkan sudah bisa dioperasikan dalam tiga bulan ini. Menurut Darri, mereka sengaja membuat ambulan super besar itu karena tingkat kecelakaan lalu lintas di Uni Emirat Aran terbilang cukup tinggi. Kecelakaan paling buruk terjadi tahun 2008 lalu yang melibatkan lebih dari 200 mobil dalam tabrakan beruntun.

"Kami butuh ambulan yang bisa membawa pasien sebanyak mungkin dan memberikan perawatan secepat mungkin. Oleh sebab itu, satu tim dari Emirat mendisain ambulan ini dan mengirimnya ke sebuah perusahaan otomotif Jerman untuk pembuatannya," ujar Darri.

"Ambulan ini merupakan lompatan besar dari sejarah pelayanan ambulan. Ini bukan sekedar ambulan biasa yang digunakan untuk membawa pasien, tapi ambulan yang memberikan layanan medis yang lengkap sehingga korban mungkin tidak perlu ke rumah sakit lagi setelah menjalani perawatan di ambulan ini," sambung Darri, yang menilai bahwa ambulan terpanjang itu lebih efektif dari sisi waktu dan biaya jika dibandingkan menggunakan ambulan-ambulan kecil.

Darri mengatakan, pihaknya juga sudah mengontak pihak Guinness Book of World Record agar ambulan ini bisa dimasukkan dalam buku rekor dunia sebagai ambulan terpanjang di dunia. Namun belum ada jawaban dari pihak Guinness.

Sumber : http://www.ambulan.0fees.net/index.php?jenis=lama&id=13

5 komentar:

  1. TAI DUBAI BISANYA MENGHAMBUR2KAN DUIT, TP MA NEGARA TETANGGA&SODARA SENDIRI DIEM JA DI BOMBARDIR ISRAEL JG.MIRIS SEKALI.TUNGGULAH AZAB ALLAH SWT..

    BalasHapus
  2. @ anonim 1 : bnr gan . . .

    pk hambur" duit segala....
    ane heran ma negara" besar di timur tengah kok kyk'y kgg bersahabat ma negara tetangga'y walaupun sedang dilanda perang. . . terutama arab saudi sbuk ma urusan negara sendiri ...padahal sesama muslim . . . kasihan palstina & lebanon . . .

    BalasHapus
  3. kasihan tetangganya jd kuburan terbesar n terpanjang akibat kebiadaban israel

    BalasHapus
  4. kan negara-negara di timur tengah adalah negara-negara yang JAHILIAH...makanya ISLAM lahir di sana untuk memperbaiki ke-JAHILIAH-annya.

    jadi jangan heran kalau negara-negara kaya di timur tengah itu sombong-sombong dan tidak mau peduli...

    BalasHapus
  5. Kasian ya, emang Palestina dan lebanon aja yang doyan perang makanya kaya gitu... Mau tuntut apa sih kalian umat islam khusus di indonesia.. Emang tuhan kalian tuh tuhan yang pendek tangan harus dibela2??? kalian aja umatnya sok bela2 padahal niatnya biadab.. coba ga usah deh liat umat agama lain, krn agama tidak menyelamatkan.. percuma beagama tapi nilai agama dalam hidupmu NOL BESAR.. APA SIH YANG BISA KM LAKUKAN UNTUK NEGARAMU??? ITU YANG MUSTI KAMU PIKIRIN, BUKAN AGAMA!!!! PUNYA AGAMA TAPI BEJAT JUGA SAMA AJA KAYA TERORIS>>> Cape deh... Ga usah sok suci dan bela2 Tuhan deh, Tuhan ga perlu dibela, karena Tuhan lebih berkuasa dari Apapun didunia ini... MENGERTI??? Itu aja kok repot, cape deh...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails