24 Januari 2011

Acara MTV yang Mengundang Kontroversi di Seluruh Dunia

Sudah tidak asing lagi memang, kalau soal tiru-meniru negara kita yang penduduknya sebenarnya sangat kreatif ini paling hebat. Prosedur ?peniruannya? juga berbeda-beda, ada yang secara legal dan tentu saja ada yang main catut saja tanpa meminta izin. Ada yang diadaptasi disesuaikan dengan nilai-nilai Indonesia, ada juga yang ditiru mentah-mentah. Acara televisi misalnya, mulai dari musik sampai reality show banyak yang meniru acara-acara yang tersohor di luar negeri, seperti Amerika dan Inggris. Dari sekian banyak acara yang copas dari stasiun televisi di luar negeri, ada beberapa yang paling menarik perhatian saya. Tentu sangat subjektif karena hanya berdasarkan penilaian saya. Saya sangat tertarik dengan acara-acara berikut karena menganggap (dari sudut pandang saya yang konservatif atau kolot) tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia pada umumnya. Diantara acara tersebut adalah acara ?Ups Salah?, ?Take Me Out Indonesia?, ?Mak Comblang?, ?Curhat Bersama Anjasmara?, dan tentu masih banyak lagi.

Semenjak tinggal di Amerika dan memiliki akses hampir 24 jam dengan televisi kabel, saya sangat ?terkejut? dengan acara-acaranya yang sangat ?inovatif, kreatif? tapi juga kontroversial dan sangat mungkin bisa menyampaikan pesan negatif pada penonton (terutama kalangan remaja yang sedang dalam proses pencarian jati diri). Menyedihkannya, acara yang saya cukup labeli kontroversial tersebut ditayangkan oleh stasiun televisi yang mengklaim ditujukan untuk penonton muda, yaitu MTV.

Berikut adalah acara-acara televisi yang sangat mengundang kontroversi dan saya doakan agar TIDAK DITIRU oleh produser acara televisi di Indonesia. Urutan ini sifatnya acak, hanya berdasarkan ingatan saya saja:


1. Jersey Shore
Spoiler:pic


Televisi
Jadikan Teman | Kirim Pesan
Nita Novianti
Saya seorang pemimpi yang liar, yang percaya seliar apapun mimpinya, pasti akan terwujud nyata dengan usaha dan doa,,,
Semoga Tidak Ditiru Produser Acara TV Indonesia
OPINI | 22 January 2011 | 10:00 314 4 Nihil

Sudah tidak asing lagi memang, kalau soal tiru-meniru negara kita yang penduduknya sebenarnya sangat kreatif ini paling hebat. Prosedur ?peniruannya? juga berbeda-beda, ada yang secara legal dan tentu saja ada yang main catut saja tanpa meminta izin. Ada yang diadaptasi disesuaikan dengan nilai-nilai Indonesia, ada juga yang ditiru mentah-mentah. Acara televisi misalnya, mulai dari musik sampai reality show banyak yang meniru acara-acara yang tersohor di luar negeri, seperti Amerika dan Inggris. Dari sekian banyak acara yang copas dari stasiun televisi di luar negeri, ada beberapa yang paling menarik perhatian saya. Tentu sangat subjektif karena hanya berdasarkan penilaian saya. Saya sangat tertarik dengan acara-acara berikut karena menganggap (dari sudut pandang saya yang konservatif atau kolot) tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia pada umumnya. Diantara acara tersebut adalah acara ?Ups Salah?, ?Take Me Out Indonesia?, ?Mak Comblang?, ?Curhat Bersama Anjasmara?, dan tentu masih banyak lagi.

Semenjak tinggal di Amerika dan memiliki akses hampir 24 jam dengan televisi kabel, saya sangat ?terkejut? dengan acara-acaranya yang sangat ?inovatif, kreatif? tapi juga kontroversial dan sangat mungkin bisa menyampaikan pesan negatif pada penonton (terutama kalangan remaja yang sedang dalam proses pencarian jati diri). Menyedihkannya, acara yang saya cukup labeli kontroversial tersebut ditayangkan oleh stasiun televisi yang mengklaim ditujukan untuk penonton muda, yaitu MTV.

Berikut adalah acara-acara televisi yang sangat mengundang kontroversi dan saya doakan agar TIDAK DITIRU oleh produser acara televisi di Indonesia. Urutan ini sifatnya acak, hanya berdasarkan ingatan saya saja

Saya yakin sudah banyak yang mengetahui acara yang ditayangkan di MTV ini. Acara yang merekam dan menayangkan kehidupan ?nyata? beberapa young adults yang berkulit tanned (entah kenapa semuanya melakukan hal yang sama dengan kulit mereka yang mungkin aslinya ?bule?), tanpa pekerjaan atau karir yang jelas (mereka bekerja di sebuah toko kaus), yang disituasikan tinggal di dalam satu atap. Keseharian mereka, sebagaimana yang ditayangkan di acara tersebut, berkutat terutama dengan minum-minum, seks bebas, kata-kata kasar, pesta pora, dan gaya hidup yang jauh dari NORMAL.

Yang paling tidak normal dari acara ini juga bagian yang tak terpisahkan dari rumah tempat mereka tinggal, yaitu ?bath tub/jacuzzi? yang disorot karena sering dijadikan tempat para pemainnya melakukan ?seks bebas.? (Saat menyusun tulisan ini, terus terang tangan saya gemetar dan badan saya bergidik mengingat-ingat acara tersebut)





2. Sixteen and Pregnant

Spoiler:pic

Acara ini yang membuat saya menelan ludah dan mengelus-elus dada, ditambah geleng-geleng kepala . Betapa tidak, acara ini?menurut saya?menunjukkan bahwa ?It?s Okay to be 16 and to be pregnant because you?ll survive somehow and even get famous on MTV!? Boleh saja acara ini katanya ?berniat? untuk memberikan contoh pada remaja agar tidak melakukan apa yang dilakukan oleh remaja yang dipotret dalam tayangan ini. Tapi, kemasan dari tayangan ini justru menunjukkan sebaliknya. Acara ini menyorot kehidupan remaja berusia 16 tahun yang melakukan seks bebas dan akhirnya hamil, kemudian harus berjuang menyelesaikan sekolah menengah-nya sambil mengurus anak.

Acara ini banyak diprotes tidak hanya oleh para orang tua, tapi juga kalangan remaja. Foto ke dua saya ambil dari salah satu blog yang ditulis oleh seseorang yang sangat marah dan muak dengan acara ini. (Saya juga)



3. Bridal Plasty


Acara yang digadang oleh saluran televisi E! ini, menurut saya: GILA! Betapa tidak, acara ini berfokus pada Operasi Plastik gratis bagi mereka yang ingin tampir ?sempurna? di pernikahannya. Acara ini menyeleksi beberapa perempuan yang akan atau sudah menikah tapi belum menyelenggarakan pesta pernikahannya. Para perempuan ini akan bersaing untuk mendapatkan paket pesta pernikahan yang meriah, dan berkompetisi untuk mendapatkan OPERASI PLASTIK. Alasannya, karena para perempuan ini ingin terlihat ?sempurna? saat menikah nanti. Kesempurnaan yang sifatnya artifisial dan sangat dangkal tentunya, karena hanya di permukaan saja.

Setiap minggunya, akan ada semacam perlombaan dimana pemenangnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan operasi plastik di bagian tubuh yang dia inginkan dan yang kalah harus pulang menurut voting dari peserta lain yang meraih skor di tengah-tengah. Sejauh ini, bagian tubuh yang paling populer untuk diubah adalah hidung, disusul oleh payudara, sedot lemak, dan gigi.


4. The Jerry Springer Show

Ini dia talk show yang sangat kontroversial dan sangat tua, sudah 20 tahun! Acara yang dibawakan oleh Jerry Springer, politikus yang banting stir menjadi pembawa acara ini, mengangkat ?realita? masalah sosial terutama perselingkuhan dan kehidupan seks yang tidak normal seperti menikah dengan binatang dan lainnya. Yang membuat acara ini kontroversial karena para tamu yang diundang melakukan kekerasan dan perilaku ?buruk? lainnya yang sangat ?dianjurkan? di dalam acara ini. Kata-kata kasar, pekelahian fisik, bahkan perbuatan seksual seperti ciuman sesama jenis, menari telanjang, menunjukkan bagian tubuh yang terlarang, dan lainnya sering dipertontonkan, hampir di tiap episodenya. Pernah menonton acara ?Curhat Bersama Anjasmara?? Acara tersebut bisa jadi meniru acara ini (ada kekerasan antara tamunya, pertengkaran mulut sampai perkelahian yang dipicu oleh buka-bukaan dari salah seorang tamu yang mengundang reaksi dari tamu lainnya). (Sayangnya Ibu saya suka acara ini, makanya saya bisa tahu ) Tentu saja, acara versi Indonesia-nya tidak separah acara aslinya, tapi di sisi lain lebih parah karena jelas sekali para tamu yang diundang adalah para pemain sinetron, bukan orang biasa dengan kisah luar biasa (meskipun banyak juga yang meragukan kebenaran dari cerita yang diangkat acara The Jerry Springer Show juga meragukan ?keaslian? tamu yang diundangnya).

Keempat acara ini membuat penonton mengernyitkan dahi, mengangkat alis, mengelus dada, bergidik, intinya tak habis pikir bagaimana acara tersebut bisa diizinkan tayang. Sayangnya, pada kenyataannya, acara-acara ini sangat terkenal dan meraih rating yang cukup tinggi, sehingga tentu menguntungkan produser dan stasiun televisi yang menayangkannya. Meskipun diprotes habis-habisan, acara-acara televisi tersebut masih ditayangkan bahkan diperpanjang masa tayangnya. Jersey Shore dan 16 & Pregnant, misalnya, sekarang sudah memasuki bagian ke dua.

Meskipun acara-acara tersebut menguntungkan, tentu saja terlalu banyak dampak buruk bagi para penonton. Semoga acara-acara tersebut tidak akan ditiru oleh produser acara televisi di Indonesia.


Sumber : http://www.slowbos.com/showthread.php?t=98521

3 komentar:

  1. mas, mampir juga ke blog saya http://mencoba-sukes.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hey arga, gw bilang blog lu tu kampungan, buat halamannya yang menarik donk. kita tu males ngeliat blog lu. diperbaiki donk tampilannya.

    salam dari genk sebelah lu.

    BalasHapus
  3. sixteen and Pregnant bagus kok menurut saya.
    Kalo nonton ini tentunya harus dengna bimbingan ortu, ya. Dari sana anak2 akan melihat, segala hal yang menyenangkan (baca; sex) jika tidak di usi yang tepat dan dilakukan dengan penuh dengan tanggung jawab hanya akan membawa ketidak bahagiaan baik itu bagi pasangan muda itu dan terutama anaknya.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails