21 Oktober 2010

Rahasia Tersembunyi Antara Greenpeace Dan Freeport

Sebenarnya masih banyak rahasia-rahasia yang di sembunyikan antara freeport dan greenpeace ini. Tapi baru beberapa saja yang berhasil di ungkap dan dipublikasikan karena begitu rapinya rahasia ini di jaga.

Begitu banyak efek samping yang kejam dari penambangan Freeport, selain hasilnya yang 99% untuk Amerika dan sedikit icip-icip untuk segelintir pejabat korup antek mereka, sedangkan untuk bumi pertiwi ini cuma kebagian 1%.

Lalu dimana antek para nekolim yang dengan bangga menamakan diri aktifis GreenPeace? Kalau masih mengatakan tak ada bukti , mari kita angkat sedikit apa yang telah ditulis di New York Times.
Tambang freeport telah menghancurkan Gunung Jaya Wijaya setinggi 4.884 meter, yang sebenarnya merupakan tempat sakral bagi penduduk setempat. Pernahkan terlintas dalam batin dan perasaan Anda melihat tempat sakral Anda diluluhlantakkan keserakahan segelintir orang dan Anda tak berdaya? Dan proses meluluhlantakkan itu terus berlangsung sampai hari ini. Ternyata kita belum benar-benar merdeka.

Setiap hari ratusan ribu ton batu ditambang dari sebuah lubang sedalam hampir 1 kilometer di gunung ini. Batu tambang ini kemudian melalui proses pengilingan yang menggunakan 3,5 miliar liter air perbulannya.

Sisa pemrosesan ini kemudian menjadi sampah yang diperkirakan tingginya mencapai 700.000 ton perhari, luar biasa!!!. Tidak hanya itu, setelah emasnya diambil dan diangkut ke Amerika, sampah-sampah ini seenaknya dibuang ke Danau Wanagon dan Sungai Ajkwa.

Sejak dimulai, tambang ini telah menghasilkan 1 milyar ton limbah !!!.

Diperkirakan limbah yang menumpuk di dataran tinggi sekitar tambang ketinggiannya melebihi 300 meter. Limbah yang mengalir ke bawah sistem sungai menjadi dataran rendah telah meninggalkan jejak kehancuran. Sebuah catatan rahasia pemerintah Indonesia yang diperoleh oleh New York Times tahun lalu memperkirakan sampah-sampah ini telah membunuh semua kehidupan dalam sistem sungai.

Manajemen penambangan freeport telah memperingatkan masyarakat setempat untuk tak minum air atau makan tanaman tumbuh di dekat sungai, namun mereka tak mampu menjelaskan alasan pelarangan itu. Selain fakta lapangan limbah telah membunuh sejumlah besar vegetasi yang tumbuh di samping anak sungai Ajikwa, meninggalkan menumpuk menjadi dataran kecil.

Pada tahun 2002 dalam tesisnya: Masyarakat Adat dan Isu Lingkungan: An Encyclopedia, Bruce Johansen, profesor mata kuliah Penduduk Asli Amerika di Universitas Nebraska, mengutip penyataan seorang pengamat yang menggambarkan kondisi penambangan Freeport di Indonesia, “Pohon-pohonMati atau sekarat bertebaran dimana-mana, cabang pohon yang patah menonjol dari saluran lumpur abu-abu … Vegetasi sedang dicekik oleh tumpukan lumpur yang tingginya mencapai beberapa meter. “

Akumulasi limbah penggilingan juga telah menumpuk dalam dataran rendah seluas 233 kilometer persegi serta menghancurkan sedikitnya 130 kilometer persegi hutan hujan.
Diperkirakan saat kontrak tambang Freeport habis di 2040, akan dihasilkan 6 miliar ton limbah beracun sisa pemrosesan Freeport yang sangat berbahaya untuk ekosistim.

Begitu maha hebatnya pengrusakan lingkungan dari tambang Freeport sampai-sampai pada tahun 1995 Overseas Private Investment Corporation, yang menangani perusahaan-perusahaan AS terhadap risiko politik, mencabut Freeport dari list mereka. Tidak pernah ada dalam sejarah mereka melakukan hal ini kecuali terhadap freeport.

Bagaimana sikap aktivis antek nekolin Green Peace terhadap hal ini? Mereka benar-benar buta tuli atau buta dan tuli benaran? Masihkah kalian mencintai Indonesia? Dibayar siapa kalian untuk merusak citra perusakan pribumi, sementara si Maha Pengrusak Segala Freeport di depan mata yang jelas-jelas milik asing tak berani kalian otak-atik? Pejuang lingkungan model apa kalian?


Sumber : http://bengawansolo.net/berita/berita-nasional/301-rahasia-tersembunyi-antara-greenpeace-dan-freeport.html

27 komentar:

  1. lsm klo ga dimodalin mana bisa idup, walhi juga cicing bae...tanya kenapa??

    BalasHapus
  2. LSM Cuman bisa ngomong doank tapi g ada hasil..
    LSM yang banyak NGomong emank tai..
    LSM yang banyak omong emank ANJING!!!

    BalasHapus
  3. tai semua,, tembak tembakin aja org bule yg ada di freeport,, allahuakbar,,

    BalasHapus
  4. LSM goblok,, maunya duit aja,,

    BalasHapus
  5. LSM & PERS,, sama aja rampok kelas teri

    BalasHapus
  6. itu semua lingkaran setan....sebagian besar LSM didanai oleh negara2 yg menguras kekayaan Indonesia, jd mana mungkin mrk akan membela hak2 kita.
    aq cm bs berdoa semoga Indonesia diberikan pemimpin yg cm takut Tuhan supaya lingkaran setan itu bs terputus & indonesia bisa benar2 merdeka.

    BalasHapus
  7. bahasa sopan untuk pencurian kekayaan Indonesia oleh imperialis kapitalis itu investasi asing...
    Nasionalisasi freeport!!!

    BalasHapus
  8. emang munafik tuh green peace(GP). gw juga inget GP tuh anti energi nuklir padahal energi nuklir tuh lbh murah,bersih & efisien daripada energi yg menggunakan batubara GP suka nakut-nakutin ttg bahayanya penggunaan energi nuklir. pada intinya gw anggap GP alatnya amrik buat menghambat perkembangan teknologi. dan satu lagi jgn skali2 percaya sm omongan GP. salah satu kbohongan GP adl ttg data statistik jml beruang kutub di kutub utara. googling aja deh ttg kebohongan GP dan akibatnya. gw rasa GP bagian dari program NWO.

    BalasHapus
  9. yang ga ngerti ga usah komen deh... nti gw tambah ga ngerti...

    BalasHapus
  10. org yg comment di atas nga ada bedanya dengan lsm2 itu,maki2 aja di dunia maya sampe loe pegel,nga ada yg dengar pula

    BalasHapus
  11. Trus Kalian ngapain? pemerintah ngapain?
    kalau kerja kalian punya prioritas gk? di mana bukti greepeace punya hubungan terselubung dengan Greenpeace ? kan ditulisan cuman dituliskan kebusukan freeport dan greenpeace tutup mata? apakah itu cukup bukti?
    kalo berani usut freepotr sendiri sana!!!

    BalasHapus
  12. gue juga bilang pemerintah kita itu GOBLOK bin DUNGU..yang penting pejabatnya perut buncit.
    sedangkan orang amerika itu pencuri kelas dunia...

    BalasHapus
  13. aduhai..knp sIEh biSAnya,nYAlaHIn GP...COba pIKIR,FMM iTU dijGA keTAT...loE mnCUrigaKAn sdIKIT aja,bisA2 diTEMbak!!GP mw mASUK ke INDonesIA aj,ijINnya suSAH baNNGEt!!COZ what...COz ada yg taKUt terBONGkar...apALAgi ke PAPua.laGIAn ANggota GP gaK haNYA org AMerika,daRI seMUA negaRA..trMASuk PApua,KLu gAK prCAYA,sILAhkn daTA snDIRI..ngMONg itu HArus ad BUktI bUNg..jng ASAl cuaP2..kLU untung+krUGian yg DItmbuLKaN FMM ITU,udh laMA ada di BUku yg diTErbitKAn JATAM(JAringAn adVOkasi TAmbang)...harUSnya KITA yg berKACA,krn belUm bisa menggerakkan hati pmerintah yg masih saja dibodohi para investor ASing..SMangatnya jng pernah padam,utk mlindungi daerah kita!!salam from papua..

    BalasHapus
  14. DIATAS INI TULISAN ALAY

    BalasHapus
  15. Skrg gini aja deh.....................................(ya udh gini aja, diem aja./kagak bisa buat apa2 gan..wkkk)

    BalasHapus
  16. please ya..ALAY dilarang kasih comment..pusing gw liatnya apalagi bacanya..

    BalasHapus
  17. yang jelas ... green itu pace beraninya cuma ngobok2 bangsa sendiri..dibilang ini lah itu lah...giliran berhadapan dengan kakap mereka minggir asal kebagian pakan...lsm cap tempe!!

    BalasHapus
  18. woyy alay yang diatas gausah komen..bikin pening kepala ...

    BalasHapus
  19. haha ada alay di atas,, maho lu

    kebijakan pemerintah yang salah, jgn pernah kalah dengan suap AMERIKA.

    BalasHapus
  20. Ga Usah Gontok2an disini
    Semua Punya Kepentingan Masing2....
    Klo Mang Mau Berbuat Untuk Lingkungan Hidup Ini demi berlangsungnya kehidupan di bumi ini, Sekarang mulailah belajar berkaca diri untuk apa, siapa, dan kenapa alam nusantara ini rusak...
    (Setiap Manusia berhutang 50 batang pohon)
    MARI MENANAM (dan Menanam bukan untuk kita melainkan untuk cucu2 kita nanti)
    1. Seberapa besar Usaha anda Untuk lingkungan ini....
    2. Berbuat apa anda untuk Lingkungan ini....
    3. Apa yang anda dapat untuk lingkungan ini...

    BalasHapus
  21. utk lingkungan, minimal kita jaga kebersihan badan, buang sampah pada tempatnya, jangan meludah sembrangan, jangan be'ol/pipis sembarangan. Itu dulu deh..baru yg gedhe sperti Freeport

    BalasHapus
  22. TUTUP FREEPORT..!
    BASMI ALAY..!

    wkwkwkwk...

    BalasHapus
  23. yg bener yah jangan banyak ngomong lu...
    ilove papua....
    harta kami lu pada makan g malu lu
    merdeka

    BalasHapus
  24. lsm berteriak2 karena laper "DUIT",...setelah kenyang duit mereka pasti "MINGKEM"

    BalasHapus
  25. kalian yang banyak omong. apa bedanya dengan ngomongin orang lain...

    BalasHapus
  26. Mana berani greenpeace ngomongin freeport. Mau miskin? :D

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails