13 Oktober 2010

Inilah Rancangan Jembatan Selat Sunda Yang Akan Menjadi Jembatan Terpanjang Di Dunia

Jembatan selat sunda akan dibangun melintasi selat sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Sumatra


kalau ini dapat terealisasikan, jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.

"Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami," kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.

"Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan." Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu. serta jembatan ini akan dilengkapi dengan rel kereta yang membentang di sepanjang jembantan.

Bila tak ada halangan jembatan ini akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025


Pria ini bernama Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata yang merupakan lulusan dari ITB tahun 1960. Kemudian mendapat gelar doktor pada 1992 dan gelar profesor pada 1995.

Proyek beken yang pernah dikerjakan laki-laki kelahiran Jakarta 1935 ini, antara lain Kota BNI yang pernah menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung-gedung perkantoran lain seperti, Bakrie Tower, Anggana Danamon (kini Sampoerna Strategic Square), Niaga Tower, Wisma Darmala, dan PSP Office Tower.

Di pembangunan hotel dan apartemen, Wiratman merancang Four Seasons Residential Apartments, Mal Ciputra, dan Hotel Aryaduta.

Wiratman juga perancang Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica, Banjarnegara, PLTA Merangin, PLTA Kusan, dan Pembangkit Gresik.

Yang tidak diduga, Wiratman juga perancang Telecommunication Tower dan Menara Jakarta. Menara Jakarta akan menjadi tower tertinggi di dunia dengan ketinggian 558 meter.

Dari hasil kajian yang dilakukan di Bangungraha, pembangunan jembatan sepanjang 29 kilometer ini sedikitnya akan menelan biaya Rp 100 triliun. Lama pembangunan diperkirakan mencapai 10 tahun














sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4188199

21 komentar:

  1. hebat. moga menjadi kenyataan...........

    BalasHapus
  2. Menurut saya proyek ini tidak layak, karena efeknya tidak mensejahterakan rakyat. Ingat rakyat Indonesia banyak yang miskin. Lebih baik uangnya digunakan untuk membangun pembangkit tenaga listrik atau fasilitas2 yang dapat menggerakkan ekonomi rakyat.

    BalasHapus
  3. @manusia bodoh : anda memang benar2 manusia bodoh...benar bodoh melebihi orang paling bodoh di dunia...
    itu jembatan juga buat penggerak ekonomi rakyat...ubah pola pikir kamu....walaupun itu jembatan masih 10 tahun lagi...

    BalasHapus
  4. @manusia bodoh : ya biarlah ..itu kan menurut anda pribadi..emg bakal didengar orang2 banyak?
    semua itu kan udah ada alokasi dananya..
    ya untuk pembangunan infrastruktur, utk masalah pangan dll..semua sudah ada post2nya masing2
    jadi seharusnya tidak mengganggu alokasi dana yg lain..so masalahnya dmn?
    apa iya semua alokasi dana hanya utk pembangkit tenaga listrik dll..sehingga sektor yang lain tdk mendapatkan porsi yg layak???mau jadi apa negara ini bung??
    belajarlah dan perluaslah dulu pengetahuan anda baru berpendapat..

    BalasHapus
  5. Ayooo..,Berkontribusi pd negri ini semaksimal mungkin...,
    Baru...,berkomentaarrr

    BalasHapus
  6. Bener juga, hati-hati kalo berkomentar, sebaiknya di awal tulisan di beri dulu kata2 "menurut pengetahuan saya"... "sebaiknya"....

    BalasHapus
  7. atau klo bnr2 ga tahu tentang sesuatu jgn dulu berkomentar...

    BalasHapus
  8. zzz...
    ati" ada penggelapan dana agei.. secara Indonesia gitoe loh..,

    ati" ma lempeng.,

    BalasHapus
  9. Wah gw seh gak mau tu jembatan jangan-jangan dibikin dari dana utang plus KKN sana-sini. Ah, bikib repot

    BalasHapus
  10. Wah, lahan baru bagi para koruptor...

    BalasHapus
  11. 1. Terpanjang di dunia dari BOJONG! Terpanjang tu di New Orleans! Next Cina yg mau bikin terpanjang, 50km!

    2. Ngapain bikin ampe 2 jembatan, cuma beda merak ma anyer doang, pemborosan! Ampe 100 Trilyun?? Cina mau bikin jembatan 50km dan budgetnya 10,7 trilyun! Jauh bgt bedanya! Masuk kantong siapa aja tuh?

    BalasHapus
  12. setau gw si ya "mungkin" mahal itu karena lamanya jangka waktu konstruksi dan butuh dana khusus untuk penelitian lebih lanjut tentang daerah rawan gempa yang dilewati jembatan itu.kalo di cina "mungkin" memang daerahnya aman,jadi g terlalu mahal cost nya...yang penting,,kita harus bisa mengawasi penggunaan dana nya,,jangan sampe jembatan udah jadi tapi cepet ambruk gara2 banyak duit yang di tilep

    BalasHapus
  13. ahhh semuanya pada goblok...
    jancok asuh

    BalasHapus
  14. ndah penting...NEGARA INI KELIATANNYA AJA BAIK-BAIK AJA...aslinya juga udah mau colapse...

    BalasHapus
  15. buat anonim tg 31 desember jam 13.27 :
    anda udah pintar ya??
    lebih pintar mana ya antara anda dg anjing kampung yg sering saya liat dibawah jembatan layang yg sedang mengais2 tainya sendiri??jawab dong tolong..karena tampaknya sangat sulit menemukan jawaban yg tepat...karena perbedaannya kemungkinan besar amat sangat tipis sekali..

    BalasHapus
  16. Awas tuh gambar jembatan'a jgn d sebar luaskan...
    Ntar d klaim ma tetangga...

    BalasHapus
  17. @Anonim Up...
    Setuju.......
    Berarti apa-apa harus Serba hati-hati dong,,, Biar gak ada yg Nge-klaim... Hahahaha....
    Tapi menurut Ane,,, KORUPSI-nya koq gag ada Nge-klaim Yach???
    Apa emang Dah jadi Budaya n Style-nya Indonesia???

    BalasHapus
  18. atas gw...kalo punya kesempatan unt bisa korupsi kayak gayus pasti lo embat jg...jd org tuh jgn munafik...this's life bro...we need money to fcuk your assh@le

    BalasHapus
  19. gambar no 5 dr bwah ,klo g slah itukan gambar jembatan hangzhou di cina yang panjangny pun 34km..lbh panjang dr jmbtan yang akn di bangun di indonesia yang hanya 29 km..

    BalasHapus
  20. setuju banget untuk pembangunannya, mudik jadi lebih praktis. yang pastinya utamakan keselamatan dan jangan ada "mark up", klo timbal balik jasa yang sewajarnya saja ya bapak2 yang kompeten. Jaya selalu INDONESIA!!!

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails