7 Oktober 2010

Iklan-Iklan Yang Berisi Pembodohan Di Televisi Indonesia

1. XL 14th anniversary versi "I Love Ibu"

Sinopsis : Seorang anak digambarkan lagi loncat-loncat di depan sebuah rak yang isinya banyak barang, termasuk barang pecah belah, berusaha untuk mengambil sebuah bola. Sang ibu yang sedang asik nelpon tampak tidak peduli dan hanya sekali memperingati anaknya. Si anak akhirnya mengambil crayon dan buku gambar. Ibu yang masih sibuk dengan HP nya (mungkin dapat telpon dari presiden makanya penting banget kayaknya. Mungkin lho...) hanya membantu buka-buku gambar anaknya dengan 1 tangan sambil terus asik ketawa-ketawa, tidak peduli pada apa yang dilakukan anaknya. Muncul slogan "nelpon santai...biarkan anak bermain" (atau seperti itulah kira-kira).

Pembodohan : Ibu gila! Anak loncat-loncat, bahkan hampir manjat rak berisi barang-barang, dia cuek aja, sibuk nelpon. Apa yang diharapkan sama iklan ini? Mau menggambarkan kalo ibu-ibu yang cuek sama anaknya karena keasikan nelpon itu baik? Inget, gak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dari lantai atas, ketabrak mobil, dll karena ortunya sibuk dengan HP?


2. Biore

Sinopsis : Seorang cewek yang sebenarnya cantik, dengan baju ala grunge, bebaju lapis flanel dengan kaus sebagai dalaman, celana jeans dan berkacamata tebal, tampak bingung. Ia kemudian memotong rambutnya, mengganti bajunya dengan baju yang lebih "girlie" berwarna pink, copot kacamata (entah pake contact lens ato mendadak jadi buta demi gaya). Ia kemudian mandi dengan Biore trus jalan-jalan dengan teman-temannya, tampak bahagia dan tidak lagi bingung. Slogannya, "senangnya jadi diri sendiri".

Pembodohan : Slogan yang ironis...di iklan itu digambarkan bahwa bergaya grunge, berkacamata tebal, sedikit cuek, itu "gak bagus". Ente, para perempuan, harus muncul dengan gaya standar yang ngikutin mode, "girlie", baju pink agar diterima dalam pergaulan. Gimana mau jadi diri sendiri kalo begini?


3. Produk-produk perawatan rambut (hampir semuanya!)

Pembodohan : perhatikan iklan-iklan perawatan rambut. Ada berapa yang menampilkan perempuan-perempuan berambut keriting? Kalopun ada, berarti ane harus lbh sering meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yang bagus itu adalah rambut lurus. Lalu bagaimana dgn, misalnya, saudari-saudari kita dari Papua? Apa mereka harus ngelurusin rambut biar "cantik"?


4. Produk-produk perawatan kulit

Pembodohan : Situasinya hampir sama dengan iklan perawatan rambut, iklan-iklan perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yang cantik itu adalah kulit yang putih. Putihnya pun harus mulus seperti tembok, gak boleh ada titik hitam atau jerawat sebintik pun. Padahal kulit orang melayu kan memang tidak ada yang putih tapi sawo matang yang berarti coklat. Jerawat pun, selama belum jadi infeksi, adalah hal wajar di daerah tropis seperti Indonesia. Sama dengan pertanyaan di atas : bagaimana dengan saudari-saudari dari Papua yang berkulit hitam? tidak adakah orang Papua yang cantik kalau begitu? Atau saudari-saudari kita yang karena kelainan hormonal berjerawat banyak? Gak cantikkah dia?


5. Teangin Cap Badak
Sinopsis : Seorang dokter cantik nan ternama sedang memberi kuliah atau ceramah tentang masuk angin. Tiba-tiba seorang peserta kuliah tampak kuyu dan lemas. Sang dokter langsung memberikan Teangin Cap Badak untuk mengobati masuk angin si peserta. Tiba-tiba orang itu, seorang perempuan, bersendawa keras sekali, disambut tawa teman-temannya. Iklan ditutup dengan bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : Sendawa sembarangan, sama dengan kentut, adalah kebiasaan yang menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa sembarangan itu bukan hanya normal, tapi bahkan lucu.


6. Semua iklan sepeda motor

Pembodohan : Satu hal yang dibanggakan oleh semua iklan motor adalah jago ngebut. Terlihat dari slogan-slogannya, ada yang "yang lain makin ketinggalan" atau "***** semakin terdepan". Bahkan ada yang pake pembalap internasional sebagai model, ada yang digambarkan kalau motornya lewat, semua orang kocar-kacir, bajunya sobek-sobek, yang bawa motor sampe melayang-layang saking cepatnya ngebut. Ini secara sadar atau tidak, mengajak pengendara motor untuk kebut-kebutan, gak tau aturan, nyetir kayak valentino Rossi lagi balapan. Padahal jalanan di negeri ini gak memungkinkan untuk itu. Bukankah lebih baik kalo kampanye tertib lalu lintas saja?


7. Rexona


Sinopsis : 2 orang cewek cakep lagi naik mobil. Tiba-tiba bannya pecah. Mereka turun dari mobil, tapi bukannya berusaha ganti ban, malah berusaha minta tolong orang-orang yang lewat dengan cara angkat tangan tinggi-tinggi. Cewek yang 1 keteknya hitam. Dia malu-malu angkat tangan. Cewek yang lain keteknya putih (dibikin pake potosop). Dia bisa angkat tangan dengan sepenuh hati. Akibatnya banyak mobil berhenti dan pengemudinya, semuanya laki-laki bberebut untuk menolong.

Pembodohan : Di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek gak mesti bisa ganti ban sendiri. Manfaatkanlah kecantikan anda untuk minta bantuan, karena semua orang ingin membantu cewek cantik (kalo jelek, nanti dulu!). Padahal bukannya kaum perempuan lagi sibuk berjuang untuk persamaan? Gimana mau bicara persamaan kalo ganti ban aja gak bisa?!

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5492914

40 komentar:

  1. setuju....hampir semua iklan menyesatkan

    BalasHapus
  2. Dari iklan, senetron, infotaiment sampai reality show hampir semua menyesatkan. Yg nggak cuma iklan asin...betul-betul asin

    BalasHapus
  3. ini baru artikel gan...

    BalasHapus
  4. maaf, jgn pakai contoh org yg berasal dr satu daerah atau suku tertentu dong.. cukup katakan "yg kulitnya tidak putih atau berambut tidak lurus" itu lebih sopan.

    BalasHapus
  5. maklum gan, team kreatifnya sudah kehabisan ide untuk membuat iklan bermutu.

    BalasHapus
  6. materialisme global...yg penting menguntungkan dr sendiri..dampak negatif pikir belakang...ampunn dech

    BalasHapus
  7. satu faktor penting unsur iklan yg baik, yaitu menyampaikan sesuai dengan keadaan barang yg dijual, tidak muluk2 yg akhirnya menipu konsumen.. ya gak ne?

    BalasHapus
  8. keren bro...!! bener tuh, setuju ane. semoga aja semua mata berpikir kembali saat melihat iklannya.kalo iklannya gak ekstrim kan barangnya gak bakalan laku juga bro ..

    BalasHapus
  9. bangsat smua bru sadar klo org indo di bodoh2i brg luar,hanya krn materi semata

    BalasHapus
  10. setuju gan, tp yang paling ngg kreatif iklan XL yg pertama.. anakx hampir kejatuhan lemari ibunya cuek saja, senyum2 lagi...benar2 team yg goblok

    BalasHapus
  11. kalo gue jadi team kreatif iklan2 di atas:
    1.iklan xl
    konsepnya ada pasutri yang lagi kimpoi....yang cewek kimpoi sambil nelppon....seneng soalnya nelpon pake xl murah(dan seneng karena kimpoi itu enak....

    2.Biore
    konsepnya ada cewek cupu tapi cantik, setelah pake biore langsung bugil di depan umum sambil nari2 gak jelas.....

    3.produk perawatan rambut
    ada sekumpulan remaja cewek yang make produk perawatan rambut di rambut bawahnya....serta merta rambut bawahnya menjuntai indah......

    4.Produk perawatan kulit
    sekumpulan cewek mengoleskan produk perawatan kulit di pantatnya dengan bantuan lidah pacarnya masing2...

    5.Teangin Cap Badak
    si cowok minum teangin dari mulutnya si cewek...

    6.iklan motor
    cowok dan cewek lagi pacaean di atas motor...abis itu kimpoi beralaskan jok motor yang empuk....

    7.rexona
    mobil mogok, cewek yang pakai rexona langsung menarik perhatian pengemudi lain dengan berlari telanjang....akhirnya dia disetubuhi masa....

    BalasHapus
  12. yg komeng tepat diatas ane: MUKE GILE LU!

    BalasHapus
  13. analisa yang bagus.
    Tapi coba bayangkan bila saudara sendiri yang menjadi team kreatif dari iklan tersebut. Iklan seperti apakah yang akan saudara buat??

    BalasHapus
  14. ya iklan seperti comment 2 tingkat diatas ane lah....

    BalasHapus
  15. Sorotin juga dong iklan yang hanya menonjolkan LUAR NEGERI-nya atau NEGARA(asalnya).
    Sering tanpa sadar itu mendoktrin calon konsumennya bahwa kualitas itu sama dengan Luar Negeri...

    BalasHapus
  16. koreksi masing2 dulu deh ..berkarya yang bagus dan tunjukkan ke orang bahwa anda mampu..baru anda bisa kritik hasil karya orang lain

    BalasHapus
  17. 'kami hanya memberitakan andalah yang menentukan' hahaha

    BalasHapus
  18. he..he.. ruwet neh.. mau dibawa kemana bangsa ini?..... Kayaknya wisata kuliner tuh.....

    BalasHapus
  19. dasar pembodohan ! bener bener emang semua uda gila ,cewe harus putih rambut lurus ketek nya pun gak bole item,jrawat sebintik aja gak boleh,gilak semua gak heran ..cewe cewe mo nglakuin apa aja buat jadi putih mulus lurus ck ck ck ck sampe pad ajadi pelacur nyambi kuliah sekolah biar bs jadi'cantik' kayak di iklan dan bs nelpon terus pake xl
    tapi ngemeng ngemeng xl mahal sekarang ya gan ???gila ntuh tarip kayaknya ngerampok deeeh xl

    BalasHapus
  20. namanya ja iklan jarang sekali yang masuk akal dan semuanya ingin berebut cari perhatian penonton dengan sesuatu yang ''aneh''

    BalasHapus
  21. HEBAT & KRITIS GAN!

    BalasHapus
  22. pasti yg buat iklan dibayar murah..jadinya murahan

    BalasHapus
  23. tuuh ide kreatif ga bakaLan tayang kLo yang mo buat ikLan ga setuju kok, jadi jangan nyaLahin ide kreatif yaa , mereka cuman cari nafkah . . .

    BalasHapus
  24. 1.ikLan xL
    ga pada teLiti sie Liatnyaa, tuuh kan cuman anak tiri, makanya dibiarin ajaa. mau kejatuhan rak kek, mo berantakin toko kek, emag\ng gua pikirin. orang kagak ada miripnya gituu.
    2.biore
    justru abis ngaca baru sadar tuuh cewek , kLo nee bukan guaa . . . makanya dia mandi pakai biore trus . . . naah inie baru guaa . . . hehehee .
    3.guaa cowok tuLen, dan emang gua Lebih seneng ma cewek rambut Luruss daripada keriting :D
    4.sama kayak no 3 guaa pasti piLih yang putih kaLo cari cewek.
    5.emang pada tau kapan muLut ngeLuarin sendawa, tuuh juga nyepLos dengan sendirinya kok . ..
    6.sepeda motor emang dibuat biar bisa Lebih kenceng daripada sepeda ontheL, kaLo ga mau kenceng ga usah beLi, naik aja sepeda ontheL. gitu ajaa kok repot . . . :D
    7.dasar dodoL , ngapain guaa cantik, kaLo ga bisa bikin LeLaki ngeLirik dan rebutan noLongin guaa . . . gituu deeh yang dipikirin si cewek.

    ga usah pada ngaku pinter, pede aja kaLo kita emang BODOH . . . wkwkwkwwkkkkk . . . :D
    (whim_kate@yahoo.com)

    BalasHapus
  25. Anonim no 26: jangan mau beli Blackberry sama dia..boongan tuh...paling2 bluecherry..gitu aja dijual 3,2juta..paling2 1jtan...

    BalasHapus
  26. Gan yang foto yang belakang ndri mantap jaya, wkakakakakak

    BalasHapus
  27. namanya sj sudah iklan kl g bergejolak n menarik fungsinya bt ap lg cb

    BalasHapus
  28. untuk iklan perawatan kulit, ADA kok yang mempertunjukkan bahwa kulit ga mesti putih, yaitu dari Mar*** Tila** . Di iklannya ada orang indo dengan kulit sawo matang, bule denga kulit putih, dan chinese dengan kulit kuning nya.

    BalasHapus
  29. wakakakakakaka, kocak gan...!! inget gak dulu si xl bikin iklan, monyet ngeledek manusia gara2 gak pakek XL ?? Kurang adjar kok itu, berarti kita d anggap lbh goblok dri monyet. dasar Monyet, mau aja dimanfaatin, ya udah sama aja jadinya monyet ktemu monyet, akhirnya yang pake xl ikut2an jadi monyett.....

    BalasHapus
  30. Saya Tdk Setuju dngn Posting ini... Karena anda terlalu serius & Khawatir dengan Efect Iklan ini... Yang namanya Iklan kalo Datar-Datar saja gak Ngefek Tau di Konsumen.. atau lebih dikenal dengan Istilah Brand Awareness nya

    BalasHapus
  31. Setju Banget tu Gan..pa lg tu iklan XL.. memanfaatkan anak-2 yg seharusnya belum pantas meggunakan HP...membuat para orang tua GERAH..Wong makan aja susah,harus membelikan HP agar anak-nya senang...Parah..Parah...(pa ga ada cara lain...)

    BalasHapus
  32. Wow, GARA2 BOXER ANE JADI GA BISA JADI PERTAMAX GAN....

    BalasHapus
  33. ane gak punya tipi gan
    lu pada mau ja liat iklan, berarti yang nonton bodoh,,, hehehe becanda gan

    BalasHapus
  34. Setuu banget bro...

    BalasHapus
  35. Hey Mat ini saya dari negeri jiran mahu buka mulut... untuk menyadari kalian semua!

    XL (Axiata-punya Malaysia) dalam berberapa tahun kebelakangan ini secara sistematis melecehkan orang Indonesia. Sekarang Axis juga masuk campur.

    Dari Sabang hingga Marauke rumah, gedung, tembuk, pilar, mobil bahkan WC juga di cat biru, hijau dan kuning!

    Gue tak abis mikir kok tega ya orang Indonesia mahu rumahnya di cat begitu. Apakah ini dikira perlecehan terhadap Indonesia? Mungkin tidak ya.

    Ya karena pulus mahu gimana lagi.

    Gue malu...malu bikin negeri orang macam itu. Apa kata duniaaaaa!

    BalasHapus
  36. Hoaemh... berisik amat ya, ada apa sih ribut - ribut...

    BalasHapus
  37. @anonim 11 Januari 2011 00.37
    woi, orang negri jaran diatas gw!
    mau lo apa?

    BalasHapus
  38. yang paling parah iklan minyak kayu putih, slogannya "BUAT ANAK KOQ COA-COBA"......
    coba pikirkan... :D :D :D:D

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails