19 Oktober 2010

Gara-Gara Utang, Menteri Keuangan Thailang Main Sinetron


Menteri Keuangan Thailand, Korn Chatikavanij, punya terobosan unik untuk mempopulerkan program pemerintah, yaitu dengan bermain sinetron. Dalam suatu serial sinetron terkemukan di Thailand, Chatikavanij tampil pada suatu episode khusus.

Menurut kantor berita Associated Press, Chatikavanij tampil selama tiga menit dalam sinetron "Vanida" pada Selasa malam pekan lalu, 12 Oktober 2010, khusus untuk menyampaikan pesan mengenai kampanye pemerintah membantu rakyat mengatasi jerat utang dari lintah darat.

Vanida merupakan opera sabun yang mengambil latar belakang Perang Dunia Kedua di Thailand. Sinteron ini mengisahkan cinta segitiga antara seorang kolonel dengan tunangannya yang berasal dari keluarga terpandang dan seorang putri saudagar.

Dalam suatu episode dikisahkan bahwa si kolonel bermasalah dengan utang. "Akhir-akhir ini pemerintah sedang berupaya membantu mengatasi utang," kata si kolonel. Pada saat itulah Menteri Korn muncul dengan memakai kemeja putih, dasi, dan celana abu-abu.

"Pemerintah Abhisit Vejjajiva telah membantu 500 ribu warga untuk mengatasi utang dari lintah darat," kata Chatikavanij, yang disambut dengan senyuman dari para pemeran. "Bagi mereka yang telah mendaftar, namun belum menerima bantuan, kalian bisa menelpon saluran hotline 1689."

Ketiga pemeran, termasuk si kolonel, kemudian meminta nasihat lebih lanjut dari Chatikavanij, kali ini mengenai cinta segitiga mereka. "Kalau itu saya tidak bisa kasih pendapat," kata si menteri sambil tersenyum.

Tampil di sinetron populer merupakan salah satu program Chatikavanij dalam rangka kampanye pemerintah memerangi lintah darat. Dia juga berkampanye di laman Facebook.
Kementrian Keuangan memperkirakan bahwa sekitar satu juta rumah tangga di Thailand bermasalah dengan lintah darat, yang menuntut bunga utang hingga 40 persen. Para korban rata-rata tinggal di pedesaan yang terletak jauh dari bank atau yang masih berpikir bahwa bank hanya meminjamkan kredit untuk orang kaya.
Sebagian publik di Thailand menyambut baik inisiatif Chatikavanij tampil di sinetron. "Dia itu imut dan lucu," kata seorang warga Bangkok, Pattvarunya Kankittipatt (25). "Menurut saya itu merupakan cara yang cerdik dan menghibur untuk mengangkat masalah tersebut," lanjut dia.

Sebelum menjadi menteri, Chatikavanij adalah seorang bankir investasi. Dia pernah memimpin JP Morgan Chase and Co. cabang Thailand selama 1999-2004. Dia cukup populer di kalangan urban profesional dan perempuan di seluruh penjuru Thailand.


Sumber:http://dunia.vivanews.com/news/read/183435-menteri-keuangan-thailand-main-sinetron

1 komentar:

  1. mendingan lah.. dari pada korupsi gara2 punya hutang......... kan ggk lucu lagi jadinya......

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails