19 Oktober 2010

Akhirnya Angklung Jadi Warisan Budaya Dunia Pada November

Setelah sebelumnya, angklung alat musik bambu asli Indonesia diramaikan diklaim oleh Malaysia sebagai alat musik asli negara mereka, maka Alat musik tradisional Angklung akan dikukuhkan sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia atau “World Intangible Heritage” oleh UNESCO pada bulan November 2010.

“Insya Allah, Angklung pada bulan November atau Desember ini akan dikukuhkan sebagai `World Intangible Heritage` atau warisan dunia oleh UNESCO, yang berasal dari Indonesia” kata Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof dr H Arief Rachman, di Gedung Pakuan Bandung, Senin.

Ia mengatakan, dengan dikukuhkannya angklung oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, maka tidak akan ada lagi negara lain yang mengaku (klaim) angklung. “Kalau Malaysia ingin memiliki (angklung) silakan saja, tapi kan harus dilihat sumber mata airnya (angklung) dari mana,” katanya.

Selain angklung, pihaknya juga sedang mengupayakan agar budaya lainnya di Indonesia seperti Kain Tenun, Tari Saman bisa dikukuhkan sebagai akan dikukuhkan sebagai “World Intangible Heritage” atau warisan dunia oleh UNESCO yang berasal dari Indonesia. “Kami juga sedang mengupayakan agar kebudayaan lain di Indonesia seperti Tari Saman dan Kain Tenun bisa dikukuhkan UNESCO sebagai “World Intangible Heritage”,” katanya.

Selain adanya pengamanan dan pengakuan angklung sebagai warisan budaya dunia, juga akan berdampak secara ekonomis. Para perajin angklung akan diuntungkan dengan mendapatkan banyak pesanan angklung dari dalam dan luar negeri.


Sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20101018/tpl-angklung-jadi-warisan-budaya-dunia-p-cc08abe.html

1 komentar:

  1. Jangan lupa Pencak silat juga... Akan lebih baik lagi budaya2 negara kita dipatenkan. Masalahnya, 'tetangga' kita lumayan lapar mata dan maunya mengakui segala punya dia ... Terutama dahulukan budaya melayu dan daerah kalimantan... Lakukan secepatnya sebelum terlambat.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails