19 Oktober 2010

5 Tips Bercukur Aman

Bercukurlah dengan tekanan ringan dan gerakan memutar mengikuti kontur wajah.

TAHUKAH Anda, rata-rata pria antara usia 15-75 tahun menghabiskan waktu 900 jam untuk bercukur (sama dengan 37 ½ hari). Memang, bercukur telah menjadi bentuk perawatan wajah pria modern.

Pada zaman prasejarah, kerang laut digunakan sebagai alat penjepit untuk mencabut bulu-bulu di wajah. Sementara alat pencukur elektrik mulai diperkenalkan pada 1928, terdiri dari satu set yang dapat bergerak bebas dan memutar sedangkan bagian belakang terdapat gagang foil metal berlubang. Alat ini tak hanya dianggap sebagai suatu inovasi pada zaman revolusi industri, tapi segera mengubah kehidupan pribadi kaum pria, bahkan menjadi sahabat karib mereka. Sejak diperkenalkan, teknologi bercukur telah berevolusi sampai menjadi sebuah instrumen perawatan tubuh yang penting.

Ada dua jenis pencukur elektrik, yakni foil dan rotary. Alat cukur yang berputar memiliki penutup dengan kepala fleksibel yang mengikuti kontur wajah dan leher, menjangkau jauh setiap helai rambut sehingga menghasilkan wajah dicukur bersih dan halus. Untuk para pria, Philips memberikan lima tip bercukur, di antaranya:

Bercukurlah minimal satu kali setiap hari

Bercukur terutama di pagi hari sebelum Anda meninggalkan rumah. Lakukan dengan tekanan ringan, dan bercukur dengan gerakan memutar mengikuti kontur wajah.

Cobalah menyingkat waktu bercukur dengan alat yang lebih efisien

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Philips, rata-rata pria menghabiskan waktu tiga menit untuk bercukur dengan pencukur elektrik; baik berada di depan cermin, mandi, dalam mobil, atau di kantor.

Bersihkan alat cukur tiap empat pekan

Sebagaimana mobil perlu dibersihkan dan dipoles agar tetap berkilat, alat cukur Anda juga perlu dibersihkan empat pekan sekali untuk menjaga kebersihan dan kecepatannya. Putar di dalam air untuk membersihkan kepala dan mata pisaunya. Sikat setiap pisau secara perlahan untuk membersihkan sisa-sisa minyak wajah atau kotoran.

Gunakan handuk hangat untuk melembutkan bulu

Ketika menyentuh air, sehelai rambut berkurang kekuatannya dari 1/3 hingga ½ ketimbang rambut kering. Tempelkan handuk hangat di wajah Anda selama kurang lebih lima menit sebelum mencukur untuk melembutkan bulu yang kasar.

Pahami lima langkah bercukur

Cambang, pipi, leher, bibir atas (kumis), dan dagu. Ikuti langkah tersebut untuk pembersihan yang cepat setiap pagi. Cara ini lebih metodis untuk wajah Anda. Untuk melengkapi cukuran, tambahkan penggunaan moisturizing aftershave atau gel setelah bercukur untuk melindungi kulit. Hindari cologne dan eau de toilette karena wewangian yang mengandung alkohol dapat mengiritasi kulit Anda.


Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2010/10/18/27/383697/5-tip-bercukur-aman

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails