3 Agustus 2010

Microsoft Kembangkan Aplikasi Huruf 'Jawa'

Sudah lupa huruf Jawa? tak perlu khawatir, sebentar lagi anda tak perlu repot mencari dan menulisnya. PT Microsoft Indonesia tengah mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengetik memakai huruf Jawa (hanacaraka) versi unicode.
National National Technology Officer PT Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono mengatakan aplikasi ini masih dalam pengembangan. "Sudah kami ajukan ke Kantor pusat, mungkin nanti akan ada di Windows berikutnya," ujar Tony disela-sela diskusi perkembangan teknologi informasi di Gedung Pusat Niaga.
Pengguna akan dengan mudah dan gratis menggunakan Microsoft Keyboard Layout Creator. Untuk saat ini pengguna baru bisa mengunduh Microsoft Keyboard Layout Creator versi 1,4 di situs Microsoft. Setelah diunduh, pilihlah file Load Existing Keyboard -US International dan mendapatkan layout seperti keyboard biasanya di layar. Dari situ klik view untuk font Adjisaka.

"Tampilan keyboard huruf latin di layar akan berubah menjadi huruf Jawa," ujar Tony sambil mencontohkan tulisan namanya dalam huruf Jawa .
Pengguna pun bisa menginstal Keyoard Layout Creator1,4 ini dan dibagikan ke siapapun. Sebelumnya pengguna harus mengingstal Javanese Character. Setelah terinstal, ikon instalasi bakal muncul di pojok kanan bawah bergambar keyboard. Pengguna bisa memilih mengetik bahasa Inggris, Bahasa Indonesia maupun Bahasa Jawa.
Tony mengatakan pengembangan ini sedang dilakukan. Menurutnya karakter huruf Jawa jika lengkap dikembangkan akan mencapai 400 karakter. Menurutnya pengembangan ini untuk mengembangkan konten-konten lokal di Indonesia."Ya bagian untuk mengembangkan budaya yang mulai ditinggalkan juga," ujarnya.
Menurutnya konten lokal semacam ini juga bisa mendorong pendidikan di wilayah bahasa atau huruf ini dipakai. Selain huruf Jawa, Tony juga sedang mempelajari hal yang sama untuk huruf Bali, Sunda dan lainnya.


Sumber: klipberita.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails