14 April 2010

Planet Yang Mirip Bumi

Washington - Tiga planet mirip bumi tetapi dengan massa yang lebih besar telah ditemukan, ketiganya mengorbit pada bintang di dekatnya. selain itu tim peneliti ini menyatakan juga menemukan dua tata surya lain.

Tim eropa tersebut mengatakan, temuan ini menunjukkan bahwa planet mirip bumi mungkin saja sangat banyak di jagat raya ini. “akankah itu berarti tiap bintang pasti dikelilingi planet-planet?” kita belum bisa menjawab pertanyaan itu sekarang jelas Michel Mayor dari Geneva Observatory di Swiss.


Ketiga planet mirip bumi ini mengorbit pada sebuah bintang yang sedikit lebih kecil daripada matahari. letak bintang itu sekitar 42 tahun cahaya di sebelah selatan konstelasi Doradus dan Pictor. 1 tahun cahaya sendiri sekitar 9.460.800.000.000 km perlu kendaraan super cepat agar bisa sampe kesana nih…

Planet-planet ini ukurannya lebih besar daripada bumi, planet pertama ukurannya 4,2 kali bumi, yang kedua 6,7 kali bumi dan yang ketiga 9,4 kali bumi. kecepatan mengorbit mereka luar biasa. yang paling cepat mengorbit dalam 4 hari saja, yang ke dua dalam waktu 10 hari dan yang paling lambat adalah 20 hari. bandingkan dengan bumi yang mengorbit matahari dalam waktu 365 hari.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails