8 April 2010

5 Kebiasaan Yang Rentan Penyakit

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam hidup kita. Tentu saja kita akan selalu berusaha agar bisa hidup sehat, tapi hati-hati kebiasaan kamu yang sering kamu lakukan mungkin saja akan berdampak buruk bagi kesehatan.
haxims.blogspot.com
Kebiasaan yang dimaksud adalah kebiasaan yang melibatkan interaksi dan emosi kita. Kebiasaan inilah yang bisa menyebabkan imunitas kita melemah bahkan terserang penyakit. Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan kondisi imunitas kita menurun bahkan terkena penyakit :

1. Tidak Berinteraksi Dengan Lingkungan
Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang jarang berinteraksi dengan orang lain akan mudah terkena penyakit. Ini diketahui setelah mengamati 276 orang yang berusia 18-55 tahun dan menemukan mereka yang berinteraksi lebih dari 6 orang, ternyata memiliki kekebalan tubuh 4 kali lebih kuat untuk melawan virus penyebab flu.
Jadi kamu jangan sampai terjebak dalam rutinitas kamu, setidaknya sempatkan diri bergaul dengan lingkungan, paling tidak interaksi ini bisa dilakukan dengan sms atau telepon walau tak secara langsung.

2. Begadang
Setelah begadang pasti paginya kamu akan merasakan lemas dan lesu. Benar memang apa yang ada dalam lagunya Rhoma Irama, dengan begadang segala penyakit akan mudah datang. Ini juga dibuktikan dengan Penelitian di Universitas of Chicago yang menemukan bahwa orang yang tidur 4 jam setiap malam selama 1 minggu hanya memproduksi setengah antibodi pencegah virus flu dalam darah dibandingkan mereka yang tidur 7-8,5 jam setiap malamnya.
Jadi mulai sekarang jauhilah yang namanya begadang, sekali-kali sih gak apa-apa, asal ada perlunya seperti lembur misalnya. Setidaknya setelah begadang kamu harus melakukan pemulihan seperti beristirahat sehingga badan kamu segar kembali.

3. Jarang Tertawa
Penelitian membuktikan bahwa emosi positif berhubungan dengan dengan penurunan hormon stres serta membuat kita lebih mudah tertawa. Orang yang suka tertawa akan meningkatkan sel imun mereka secara signifikan.
Jadi mulailah membiasakan diri untuk tertawa, tapi awas jangan berlebihan jika tidak ingin dianggap seperti orang gila, hehee…

4. Dikelilingi Perokok
Memang ada benarnya pernyataan yang mengatakan bahwa perokok pasif akan banyak ruginya jika dibanding dengan perokok aktif. Tapi pernyataan ini bukan berarti mengharuskan kamu jadi perokok aktif lho, tapi sebisa mungkin bagaimana kamu menghindari lingkungan seperti ini.
Berdasarkan fakta yang ada, Setiap tahunnya diestimasi ada sebanyak 3.000 warga Amerika yang tidak merokok, meninggal akibat kanker paru-paru dan 300 ribu anak mengalami infeksi saluran pernapasan bawah.

5. Malas Mengolah Tubuh
Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak sering bergerak rentan akan penyakit. Meskipun aktivitas fisik yang dipilihnya adalah berjalan sebanyak 2 kali seminggu, cukup ampuh menjauhkan mereka dari penyakit.
Jadi kamu harus mulai membiasakan diri untuk bergerak, entah itu hanya sekedar berjalan atau berolah raga

sumber: http://www.dalimunthe.com/2010/04/lima-kebiasaan-yang-rentan-penyakit-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails